Plat E Daerah Mana

Plat E Daerah Mana – Tanda nomor kendaraan bermotor atau yang lebih dikenal dengan plat nomor merupakan bagian dari standar kendaraan. Artinya, motor harus ada platnya jika tidak saat digunakan dijalan raya dan akan tertangkap polisi pemilik kendaraan akan diberi sanksi.

Kode yang tertulis di plat nomor ini berbeda. Setiap wilayah mempunyai kode plat tersendiri, seperti plat nomor E yang menunjukkan tempat tinggal pemilik kendaraan di Cirebon dan sekitarnya.

Tidak hanya untuk daerah Cirebon, ternyata masih banyak yang belum mengetahui dari mana asal plat E tersebut. Karena kombinasi huruf lain bisa juga dimungkinkan untuk mengetahui dari jarak jauh, di mana dokumen kendaraan mencantumkan nomor kendaraan bermotor. (TNKB) terdaftar di banyak wilayah Samsat.

Untuk lebih memahami area mana saja yang menggunakan plat E, baik kombinasi satu huruf atau lainnya pada setiap kendaraan bermotor, mari kalian simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Plat B Daerah Mana

Plat E Daerah Mana?

Plat E Daerah Mana

Daftar Wilayah di Cirebon Kode Plat E | Yang sudah kami jelaskan di atas artikel ini, plat nomor E dipakai untuk kendaraan yang sudah terdaftar di Polres Cirebon. Namun yang pasti berada di kawasan dekat Cirebon.

Daerah ini meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Masing-masing daerah tersebut dapat diidentifikasi dengan mencantumkan huruf-huruf pada kode pelat belakang TNKB. Dengan rincian sebagai berikut ini:

  • Masukkan plat nomor di Kota Cirebon : E dengan kombinasi kode plat belakang A * / B * / C * / D * / E * / F * / G *. Contoh E 1234 AT;
  • Plat nomor wilayah Kabupaten Cirebon : E dengan kode kombinasi dibelakang H * / I * / J * / K * / L * / M * / N * / O *. Contoh E 1234 HD;
  • Plat nomor daerah Kabupaten Indramayu : E diikuti dengan pencantuman kode plat belakang P * / Q * / R * / S * / T *. Contoh E 1234 PZ;
  • Plat nomor Kabupaten Majalengka : E diikuti dengan pencantuman kode plat belakang U * / V * / W * / X . Contoh E 1234 UB
  • Plat Kabupaten Kuningan : E diikuti plat terakhir nomor kode Y/Z*. Contoh E 1234 YE.

Kombinasi Kode Plat E Untuk Wilayah Lain

Selain kota Cirebon dan wilayah sekitarnya, ada juga wilayah yang memakai plat nomor kendaraan dengan huruf E di daerah lain. Namun, nomor plat E digabungkan dengan huruf lain, seperti A, B, dan D. Lalu tempat mana saja yang menggunakan kombinasi kode plat E? Berikut rincian seperti di bawah ini:

  • EA untuk kode plat nomor wilayah NTB
  • EB untuk plakat dari Flores
  • ED untuk plat nomor kendaraan terdaftar di Samsat di pulau Sumba
  • DE untuk plakat dari Maluku
  • AE untuk kendaraan yang terdaftar di wilayah Karesidenan Madiun seperti Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan
  • BE digunakan untuk plat nomor kendaraan wilayah Lampung

Kombinasi Angka Plat Jadi Kode Jenis Kendaraan

Selain kode huruf pertama TNKB yang menunjukkan wilayah domisili STNK, pencantuman nomor pada plat nomor kendaraan bermotor juga memiliki arti khusus.Kombinasi angka pada plat nomor pada kendaraan bermotor dapat berupa satu angka, dua, tiga, atau empat angka saja.

Untuk kombinasi nomor 1-2999 yaitu kendaraan itu merupakan kendaraan angkutan penumpang. Jika kalian memiliki kode nomor 3000-6999, berarti kendaraan tersebut adalah sepeda motor.

Sedangkan kombinasi angka 8000-8999 berarti kendaraan untuk mengangkut penumpang atau barang, dan kombinasi nomor untuk bus adalah 7000-7999 dan berbagai kendaraan atau truk menggunakan kode nomor 9000-9999.

Baca Juga : Plat BH Daerah Mana

Arti Warna Plat Nomor

Plat E Daerah Mana

Jadi yang perlu dipahami tentang plat nomor kendaraan alias TNKB adalah warna plat nomornya. Karena ada TNKB yang menggunakan warna hitam, kuning, merah, dan putih. Berikut penjelasannya:

Warna Dasar Plat NomorWarna Tulisan Plat Nomor Dipakai untuk Kendaraan
Putih Biru Kendaraan korps diplomatik negara asing
Merah Putih Kendaraan dinas pemerintah baik BUMN atau Pemda
Kuning Hitam Kendaraan angkutan umum baik angkutan orang atau barang
Hitam Putih Kendaraan milik perseorangan atau kendaraan sewa

Jika dari empat warna utama TNKB ada tambahan lis biru di bagian bawah, maka ini adalah pelat masing-masing kendaraan yang digerakkan oleh baterai dan motor listrik.

Cara Cek Plat Nomor E Lewat Ponsel

Plat E Daerah Mana

Jika kalian masih bingung dengan pertanyaan plat E dari daerah mana, maka cara terbaik adalah mengetahui pemilik kendaraan melalui plat nomor online, atau melalui aplikasi yang dapat diunduh di smartphone Android atau iPhone.

Bagi kalian yang berdomisili di Cirebon dan sekitarnya atau memiliki kendaraan berplat nomor E, kalian dapat mengetahui informasi pemilik, samsat regional, jumlah pajak dan masa verifikasi pajak kendaraan dengan satu cara mudah yang dapat dilakukan melalui ponsel.

Jika kalian menggunakan ponsel dengan sistem operasi android, kalian juga dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Cek Pajak Kendaraan. Setelah sukses, buka aplikasinya, lalu pilih Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya, cukup masukkan nomor kode plat yang ingin diisi informasinya, lalu masukkan kode chapca dan klik “Search”.

Nantinya akan ditampilkan informasi lengkap mengenai identitas pemilik kendaraan, termasuk besarnya pajak dan masa berlaku STNK.

Baca Juga : Plat BK Daerah Mana

Prosedur Mencetak Ulang Plat Nomor Hilang atau Rusak

Plat E Daerah Mana

Kalian sekarang tahu arti dari kode plat nomor E yang tertera pada tanda nomor kendaraan. Di sisi lain, mungkin tidak banyak, tetapi pasti ada kasus di mana pemilik kendaraan bermotor memiliki plat nomor yang rusak atau kehilangan plat nomor. Plat nomor yang hilang atau rusak harus segera diganti.

Menurut peraturan yang sudah ada, penerbitan plat nomor kendaraan cuma bisa dilakukan oleh pihak kepolisian (Samsat). Apabila pemilik kendaraan bermotor ini memakai plat nomor yang tidak asli alias palsu, maka pemilik kendaraan tentunya akan dikenakan sanksi.

Kalian tidak perlu khawatir karena merawat plat yang rusak atau hilang tidaklah sulit. Biayanya juga tidak mahal. Berikut cara atau cara mengganti plat nomor yang rusak atau hilang.

Mengganti Plat Nomor yang Rusak 

  • Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Prosedur penggantian plakat yang rusak bukanlah prosedur khusus. Dokumenter Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mempersiapkan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan. Selain dokumentasi KTP, STNK juga tidak akan mengambil plat nomor kalian yang rusak.

  • Datang Ke Samsat Jangan Lakukan Proses Registrasi

Jika kode yang dibutuhkan sudah lengkap, bawa saja ke Samsat di kota kalian. Di sana, kalian bisa langsung memberi tahu petugas Samsat tentang jalur kedatangan kalian. Jika plat nomor kalian tertulis di plat nomor E, maka pergilah ke Samsat di Cirebon di tempat terdekat.

Pengaturan dan pemrosesan opsional oleh direktur dapat dinegosiasikan. Seperti pendaftaran pertama, sampai penantian selesai, plat akan dicetak ulang.

  • Tunggu hingga proses selesai

Mereproduksi plat nomor ini cukup cepat. Jika kalian tidak memperbaikinya, kalian tidak akan membutuhkan waktu 1 jam untuk mencetak ulang plat tersebut.

Setelah selesai, kalian akan dikenakan biaya konfigurasi ulang, yaitu Rp. 50.000 untuk plat roda dua dan senilai Rp. 100.000 untuk plat kendaraan roda empat.

Mengganti Plat Nomor yang Hilang 

Cara mengobati plak yang hilang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengganti plak yang rusak. Namun, ada sedikit perbedaan, terutama dokumen yang diperlukan.

Untuk melakukan proses penggantian plat nomor yang hilang, kalian harus menyiapkan surat kehilangan yang dikeluarkan oleh Polsek terdekat tempat kalian tinggal.

Selain itu, dokumen dan prosedur lainnya tidak berbeda. Biaya kemitraan, seperti Rp. 50.000 untuk penggantian plat nomor kendaraan roda 2 dan Rp.100.000 untuk membayar plat nomor kendaraan roda empat.

Itulah informasi mengenai plat nomor E dan cara mengganti plat nomor yang rusak atau hilang. Dengan informasi ini, kalian akan tahu bahwa jika plat nomor rusak atau hilang, kalian tidak dapat menggantinya. Mengganti pelat pelat harus melalui prosedur yang sama seperti yang dijelaskan di atas.

Penutup

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Plat E Daerah Mana. Semoga bermanfaat untuk kalian dan juga menambah wawasan kalian. Terima Kasih telah membaca artikel ini hingga akhir, sampai jumpa di artikel selanjutnya.